[SHARE] Sangkuriang

Sangkuriang​

Pada zaman dahulu di Jawa Barat, terdapat kisah tentang Dayang Sumbi, seorang putri yang memiliki seorang putra bernama Sangkuriang. Sangkuriang tidak menyadari bahwa anjing kesayangannya, Tumang, adalah titisan dewa dan ayahnya.

Suatu hari, Sangkuriang dan Tumang terlibat dalam sebuah pertandingan, namun Tumang menolak untuk mengikuti perintahnya. Akibatnya, Tumang diusir ke dalam hutan, dan ketika Sangkuriang menceritakan peristiwa ini kepada ibunya, Dayang Sumbi marah dan memukulnya. Sangkuriang, tersinggung, meninggalkan rumah.

Setelah bertahun-tahun menjelajah, ia kembali dan tanpa sadar jatuh cinta pada Dayang Sumbi sendiri. Mereka merencanakan pernikahan, tetapi Dayang Sumbi menyadari bekas luka di kepala Sangkuriang yang identik dengan bekas luka putranya yang hilang.

Untuk menghindari pernikahan tersebut, ia menggagalkan tugas Sangkuriang untuk membuat penyeberangan sungai Citarum sebelum fajar. Sangkuriang yang marah menendang perahu yang telah ia buat hingga berubah menjadi Gunung Tangkuban Perahu.
 
Back
Top